Kesan-kesan Kuliah Selama Masa Pandemi Covid-19

Saya adalah mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) angkatan 2019 yang masuk pada semester genap. Isu tentang masuknya virus covid-19 di Indonesia masih belum booming, jadi kegiatan perkuliahan masih normal seperti biasanya. Namun hal tersebut tidak berlangsung lama, saya merasakan perkulihan tatap muka hanya berlangsung selama 1 minggu saja setelah itu dilanjutkan dengan pembelajaran full-elearning (online). Yang saya dapatkan dari 1 minggu kuliah yanga berupa pengenalan matakuliah yang selanjutnya belajar secara darring. Awalnya agak kesusahan dalam mendalami materi perkuliahan terutama yang berhubungan langkah-langkah perhitungan yang tidak bisa di jelaskan melalui darring. Ada satu matakuliah yang waktu mengerjakan UTS dan UAS sangat kurang sehingga waktu untuk mengconvert ke dalam file pdf dan upload ke e-learning melebihi batas waktu dan menyebabkan gagal upload dan menyebabkan tidak lulus dalam mata kuliah tersebut dan harus mengambil lagi semester berikutnya. Saya sudah mencoba menghubungi Dosen tersebut dari WA dan forum E-learning namun tidak ada respon. Namun alhamdulillah pada semester berikutnya pada mata kuliah yang diampu dosen tersebut mulai ada kelonggaran dalam waktu pengerjaan. Dari awal kuliah sampai sekarang (semester VI), menurut saya pembelajaran dari perkuliahan e-learning masih sulit untuk dipahami. Namun saya pribadi karena saya juga sudah bekerja saya lebih menyukai pembelajaran secara online karena waktu saya lebih fleksibel, kadang jadwal kuliah bertepatan dengan sift kerja jadi dengan pembelajaran secara online saya tidak perlu datang ke kampus dan tidak perlu ijin dari perkerjaan untuk mengikuti kuliah. Sampai sekarang sebenarnya saya juga masih berharap untuk kuliah secara online walaupun materi yang di dapatkan sulit untuk dipelajari secara mandiri.

Komentar